Friday, November 28, 2008

komunikasi pemasaran

komunikasi pemasaran adalah sarana yang digunakan perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen -langsung atau tidak langsung- tentang produk dan merek yang mereka jual. Komunikasi pemasaran membentuk banyak fungsi bagi konsumen. Konsumen dapat diberitahu atau ditunjuk bagaimana dan mengapa sebuah produk digunakan, oleh orang seperti apa, dan dimana serta kapan; konsumen dapat belajar tentang siapa yang membuat produk dan apa yang dipertahankan perusahaan dan merek; dan konsumen dapat diberikn satu insentif atau imbalan untuk percobaan atau penggunaan. Bauran komunikasi pemasaran terdiri atas enam cara komunikasi utama:
1.iklan
2. promosi penjualan
3. acara khusus (event) dan pengalaman
4. hubungan masyarakat dan pemberitaan
5. pemasaran langsung
6. penjualan pribadi
(sumber:manajemen pemasaran edisi 12, phillip kotler)
Google