Monday, December 1, 2008

Diferensiasi Jasa

Jika produk fisik tidak mudah dideferensiasi, kunci keberhasilan dalam persaingan sering terletak pada penambahan jasa atau pelayanan yang mnambah nilai serta perbaikan mutu produk fisik itu. Pembeda utama layanan adalah kemudahan pemesanan, pengiriman, pemasangan, pelatihan pelanggan, konsultasi pelanggan sertta pemeliharaan dan perbaikan. Nah, makanya penting banget deh melayanai konsummen atau pelanggan kita dengan hati yang tulus.. gak usah ragu-ragu untuk terus memperbaiki servis kita. Hal ini terasa banget terutama untuk industri bisnis yang sudah memiliki tingkat ppersaingan yang sangat tinggi. Saya pernah punya pengalaman yang berkesan dalam memilih toko langganan, waktu itu saya mau beli sebuah pompa untuk keprluan kantor saya di Bogor. Saya melakukan survey baik harga maupun keulebihan dan kekurangan pompa masing-masing merek. Sebagian besar toko terlihat enggan untuk melayanai pertanyaan-pertanyaan saya. Namun ada satu toko yang melayani saya dengan sabar dan menyenangkan, bahkan kami diskusi mengenai produk-produk dari pompa air, akhirnya saya memutuskan untuk membeli pompa di toko tersebut. Dan sampai sekarang kalau saya mau beli pompa atau alat teknik lainnya saya akan membeli di toko tersebut, bahkan saya selalu merekomendasikan pada teman-teman dan kenalan saya untuk membeli di toko tersebut...

No comments:

Google