Monday, December 1, 2008

Segmentasi

Apa sih pentingnya segmentasi itu? kita mengetahui bahwa dalam memasarkan produk apa saja, tentunya ada yang menjadi target kita. lalu bagaimana caranya kita tahu siapa yang akan dijadikan target pemasaran kita? caranya adalah dengan mencoba membuat segmentasi. Misalnya kita coba segmentasikan berdasarkan umur, gender, pendidikan, pekerjaan atau apa saja yang sekiranya bisa mewakili representasi karakteristik kita terhadap pola pembeliannya. Contoh sederhananya begini:
Kita akan menentukan segmentasi mana yang kita sasar untuk target utama konsumen dari sebuah swalayan. misal berdasar pengamatan atau data yang kita miliki pola pembelian konsumen gender wanita berdsarkan usianya adalah:

Usia (th) Frekwensi datang total pembelian (rupiah)
20 30 26
18 32 28
25 28 29
35 25 35
37 23 33
40 24 35
27 26 28

Berdasarkan informasi tersebut dapat kita plotkan

No comments:

Google